"Kami menduga bahwa gerilyawan yang tewas adalah orang asing."
Peshawar (ANTARA News/AFP) - Satu pesawat tak berawak Amerika Serikat(AS) dilaporkan menembakkan dua peluru kendali ke lapangan terbuka di daerah sabuk suku Pakistan baratlaut pada Sabtu, dan menewaskan seorang tersangka gerilyawan.

Pesawat tak berawak AS menargetkan tersangka yang sedang berdoa di satu lapangan terbuka di luar rumahnya di daerah Warsak Shin Waziristan Selatan sekitar 20 kilometer (13 mil) dari perbatasan Afghanistan.

Daerah itu adalah kubu pertahanan panglima perang Pakistan, Mullah Nazir, kata para pejabat yang terluka dalam serangan bunuh diri di kota utama Kabupaten Wana, Kamis lalu.

"Para gerilyawan ditargetkan diduga menjadi komandan utama kelompok Taliban jaringan Al-Qaida, tetapi identitasnya tak segera jelas," kata seorang pejabat keamanan kepada AFP.

Pejabat lain mengkonfirmasi serangan itu, mengatakan bahwa pria yang tewas adalah seorang agen penting.

"Kami menduga bahwa gerilyawan yang tewas adalah orang asing, dan seorang komandan kunci. Namun, identitas dan negara asal tidak segera jelas," ujarnya.

Mayoritas pesawat tak berawak AS menyerang sasaran gerilyawan di kabupaten tetangga Waziristan Utara itu.

Serangan rahasia yang tidak populer di Pakistan, di mana pemerintah di depan umum mencela mereka sebagai pelanggaran kedaulatan, namun para pejabat AS percaya bahwa pesawat tak berawak itu adalah senjata penting untuk melawan gerilyawan Islam.
(Uu.H-AK)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2012