Dia dalam kondisi sehat.
Kabul (ANTARA News/Reuters) - Pierre Borghi, juru foto asal Prancis yang diculik di Afghanistan empat bulan lalu, berhasil melarikan diri pada Senin waktu setempat, dan kini aman dalam perlindungan kedutaan negaranya, kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Sediq Sediqqi.

Juru foto lepas berusia 29 tahun itu sempat dirantai dan disembunyikan di gua yang menggunakan pintu jebakan, namun ia berhasil melarikan diri hingga sampai di sebuah pos pemeriksaan yang dijaga oleh aparat pemerintah Afghanistan di pusat Provinsi Wardak.

Borghi, yang berasal dari Grenoble di wilayah tenggara Prancis, kemudian diamankan ke Kementerian Dalam Negeri Afghanistan di Kabul pada pukul 16.30, Senin itu, dan langsung diberi perlindungan di kantor Kedutaan Besar Prancis kurang lebih sejam kemudian, ujar Sediqqi.

Dia dalam kondisi sehat, katanya.

Borghi diculik oleh empat orang bersenjata di sebuah jalan pusat kesibukan di Kabul pada 28 November 2013, dan disembunyikan di beberapa titik, termasuk bagian belakang mobil.

Sejumlah pihak mulanya menduga, Boghi diculik oleh organisasi kriminal untuk kemudian dijual kepada pemberontak.

Para penculik dikabarkan mengenakan penutup yang melilit wajah mereka, dan beberapa kali merekam gambar Boghi dan memberikan pernyataan berubah-ubah, yakni mengaku dari Taliban, Haqqani dan Al Qaeda.
(Uu.I029/B/H-RN)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013