Pertempuran ditarik saat tentara yang tidak terbiasa dengan medan dan kita tidak ingin memukul sasaran sipil."
Manila (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Militer Filipina mengumumkan, memperpanjang operasi terhadap kelompok gerilyawan Pejuang Pembebasan Islam Bangsa Moro (BIFF) di Filipina selatan selama 72 jam hingga 1 Februari 2014.

Hal itu terjadi setelah Kelompok Aksi Bersama Ad Hoc (AHJAG) menyetujui permintaan militer untuk perpanjangan.

AHJAG adalah upaya bersama pemerintah Filipina dan Front Pembebasan Islam Moro (MILF), yang berupaya menghentikan unsur nakal dan berlindung atau di dekat masyarakat MILF.

Kolonel Dickson Hermoso, juru bicara Divisi Infanteri ke-6 Angkatan Darat Filipina, mengatakan bahwa operasi militer terhadap BIFF seharusnya telah dituntaskan pada Rabu.

"Pertempuran ditarik saat tentara yang tidak terbiasa dengan medan dan kita tidak ingin memukul sasaran sipil," kata Hermoso.

Dia mengatakan bahwa beberapa anggota MILF dan Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF) telah membantu BIFF. Tetapi Hermoso mengatakan partisipasi mereka tidak disetujui oleh para pemimpin mereka, dan bahwa mereka hanya ingin membantu saudara-saudara mereka di BIFF.

Bentrokan antara pasukan keamanan pemerintah dan BIFF telah mengakibatkan kematian 40 gerilyawan.

BIFF adalah kelompok jahat yang memisahkan diri dari MILF pada Desember 2010.

Kelompok ini telah melakukan banyak serangan mematikan dalam beberapa bulan terakhir dalam upaya untuk menggagalkan perundingan damai antara MILF dan pemerintah Filipina.
(Uu.H-AK)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014