Kabul (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan bahwa organisasi moneter terkemuka itu akan memberikan nasehat dan dukungan teknis kepada Bank Sentral Afghanistan (ACB) untuk memastikan sistem keuangan negara itu stabil dan efektif, surat kabar harian Daily Outlook Afghanistan melaporkan pada Selasa.

"IMF memberikan saran bagaimana mempertahankan sistem perbankan yang stabil dan aman bagi simpanan masyarakat," surat kabar itu mengutip pernyataan pejabat IMF Moses Jenny.

Menurut pejabat tersebut, IMF bekerja sama dengan penyedia bantuan lainnya ke Afghanistan, sedang mengerjakan rencana untuk membantu orang-orang Afghanistan mendapatkan akses terhadap pinjaman dan layanan keuangan.

IMF, menurut surat kabar tersebut, telah membantu karyawan Bank Sentral Afghanistan dalam pelatihan dan pengembangan kapasitas selama beberapa tahun terakhir.

Sebelumnya pada 12 Desember, Kementerian Keuangan Afghanistan melaporkan bahwa IMF menghargai "komitmen dan kinerja pemerintah Afghanistan di bidang pemeliharaan stabilitas keuangan, pertumbuhan ekonomi, stabilitas makroekonomi, pelaksanaan reformasi di sektor keuangan dan penyediaan lapangan kerja, demikian Xinhua.

(UU.A026/B012)

Reporter: Apep Suhendar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018