... pertama kalinya bagi Suu Kyi, yang juga anggota parlemen, bepergian ke luar negeri setelah dikenai penahanan 24 tahun...
Yangon (ANTARA News) - Pemimpin oposisi Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Myanmar, Aung San Suu-kyi, Selasa malam bertolak ke Thailand untuk menghadiri Forum Ekonomi Dunia di Asia Timur yang dijadwalkan Rabu sampai Jumat di Bangkok, kata sumber NLD.

Ini adalah pertama kalinya bagi Suu Kyi, yang juga anggota parlemen, bepergian ke luar negeri setelah dikenai penahanan 24 tahun, 15 di antaranya tahanan rumah.

Sementara di Bangkok, Suu-kyi akan bertemu dengan Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra.

Setelah memberikan sambutan di forum ekonomi dunia di Bangkok, Suu-kyi akan mengunjungi beberapa kamp pengungsi etnis Kayin di dekat Maesot di perbatasan Myanmar-Thailand pada 2 Juni, kata media Thailand.

Perjalanan Suu-kyi ini dilakukan dua bulan setelah partainya, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), memenangkan besar-besaran pemilihan sela pada 1 April, dengan meraih 43 dari 45 kursi terbuka parlemen, 37 di antaranya dalam Dewan Perwakilan Rakyat (Majelis Rendah).

(H-AK/A023)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012