PBB (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon akan meninjau kawasan yang dilanda banjir di Bangkok dalam rangkaian perjalanannya ke tiga negara Asia, pekan depan.

Ban Ki-moon berkunjung ke Asia antara lain untuk menghadiri pertemuan puncak (KTT) ASEAN-PBB, kata para pejabat, Jumat, lapor AFP.

Sekjen PBB akan mengunjungi Bangladesh, Thailand dan Indonesia selama tur yang dimulai pada Senin.

Ban akan mengunjungi wilayah yang dilanda banjir di Bangkok pada Rabu, kata Juru bicara PBB Martin Nesirky. Lebih dari 530 orang tewas dalam banjir yang sangat merusak di Thailand.

Di Bangkok, Ban akan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra dan memberikan pidato pada pertemuan kesehatan universal.

Pemimpin PBB itu akan memulai tur dengan berkunjung ke Bangladesh. Ia akan memfokuskan kunjungannya pada kesehatan perempuan dan anak-anak. Ban akan pergi ke Pusat Kesehatan Internasional untuk Penelitian Penyakit Diare di Dhaka pada Senin dan sebuah klinik komunitas di kota terpencil, Moulavibizaar.

Ban juga akan bertemu dengan pemerintah Bangladesh dan pemimpin oposisi.

Di Indonesia, Ban akan mengunjungi sebuah klinik kesehatan di Provinsi Kalimantan Tengah pada Kamis sebelum menuju acara KTT Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan PBB di Bali pada Jumat dan Sabtu. (G003/AK)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011