Saya pastikan, menurut laporan kepada kami, bahwa semua 44 orang di dalamnya tewas, termasuk lima orang Thailand."
Bangkok (ANTARA News) - Pesawat Lao Airlines jatuh di Sungai Mekong, Laos selatan pada Rabu, menewaskan 39 orang kata pejabat perusahaan penerbangan itu seperti dilansir saluran televisi Thailand.

Pejabat Lao Airlines menyatakan pesawat itu jatuh pada sekitar pukul 16.00 waktu setempat (16.00 WIB) di dekat Pakse, propinsi Champasak, yang berbatasan dengan Thailand dan Kamboja, lapor Reuters.

Televisi Thailand memperlihatkan gambar pesawat ATR 72 turboprop, yang sebagian terendam dalam air dangkal di hamparan Mekong, dengan ekor terputus.

Saluran televisi lain menunjukkan yang tampaknya beberapa mayat di tepi sungai tersebut.

"Kami belum tahu jumlah korban. Pemimpin kami sedang rapat dan akan memberikan rincian pada pagi hari," kata pejabat perusahaan penerbangan itu melalui telepon.

Media Thailand menyatakan 39 orang tewas, dua di antaranya warga negara Thailand. Media itu tidak memberikan sumber keterangan tersebut.

Lao Airlines adalah perusahaan nasional negara komunis itu dan telah berkiprah sejak 1976.

Maskapai tersebut mengangkut sebanyak 658.000 penumpang pada tahun lalu dan hanya memiliki armada 14 pesawat, sebagian besar berbaling-baling.

Armada itu menerbangi tujuh jalur dalam negeri dan memiliki penerbangan antarbangsa ke China, Kamboja, Thailand, Vietnam dan Singapura.

Daftar penumpang, yang dilansir perusahaan itu, termasuk lima orang Thailand, lima Australia, tiga Korea, tujuh Prancis, satu Amerika Serikat, satu China, satu Taiwan, satu Kanada dan dua Vietnam.

Pesawat pembawa 39 penumpang dan lima awak itu jatuh sekitar delapan kilometer dari bandar udara di propinsi Champasak di Laos selatan, kata pejabat.

"Saya pastikan, menurut laporan kepada kami, bahwa semua 44 orang di dalamnya tewas, termasuk lima orang Thailand," kata juru bicara kementerian luar negeri Thailand Sek Wannamethee kepada AFP.

Penerbangan QV301 itu berangkat dari Vientiane pada 14.45 (14.45 WIB) dan seharusnya tiba di Paske satu jam kemudian, namun jatuh saat bersiap mendarat.

Laos adalah negara tak berpantai dan berbatasan dengan Thailand, Vietnam, Kamboja, Myanmar dan China.


Penerjemah: Boyke Soekapdjo

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013