Foto pilihan pekan pertama Agustus 2023

  • August 7, 2023 07:25 GMT+700

Eskavator memindahkan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Jabon, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (1/8/2023). Menurut Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan setempat, volume sampah yang masuk di UPTD TPA Jabon pada Januari 2023 sebesar 17.860 ton mengalami penurunan hingga Juni hanya 14.740 ton per bulan, tercatat rata-rata penurunan mencapai 60 ton per hari. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/nym.

Sejumlah anak bermain di sawah yang tanahnya kering akibat musim kemarau di Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/8/2023). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan 63 persen wilayah zona musim di Indonesia terdampak fenomena El Nino, yang menyebabkan musim kemarau menjadi lebih kering. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nym.

Sejumlah warga Tionghoa melakukan prosesi Ritual Bakar Tongkang di Klenteng Cetya Upho Sakadarma, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (3/8/2023). Ritual tersebut sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat dan kemudahan mencari nafkah. ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/nym.

Umat Hindu berjalan sambil menjunjung keben bambu atau tempat sesajen saat tradisi Mapeed pada rangkaian persembahyangan Hari Raya Galungan di Desa Lukluk, Badung, Bali, Rabu (2/8/2023). Tradisi berjalan beriringan dengan membawa sesajen tersebut digelar secara sederhana menjelang dilakukan persembahyangan bersama di Pura Dalem Desa Adat Lukluk dalam merayakan hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym.

Presiden Joko Widodo menaiki LRT Jabodetabek di Jakarta, Kamis (3/8/2023). Presiden menggunakan moda transportasi LRT dengan rute Stasiun Harjamukti hingga Stasiun Dukuh Atas. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nym.

Peserta mengikuti Pets Carnival dalam rangkaian Jember Fashion Carnaval di Jember, Jawa Timur, Jumat (4/8/2023). Pets Carnival atau karnaval hewan itu menampilkan aneka hewan peliharaan, seperti ular, anjing, ayam, burung, iguana dan musang. ANTARA FOTO/Seno/nym.

Perwakilan keluarga menyalakan dupa dan memasang prasasti di lubang galian tambang emas tempat delapan penambang terjebak di Desa Pancurendang, Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (1/7/2023). Operasi SAR selama tujuh hari resmi ditutup setelah tim SAR gabungan tidak mampu menjangkau lokasi penambang yang diperkirakan berada pada kedalaman 60 meter akibat terhalang genangan air dan sempitnya lubang galian tambang. ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/nym.

Prajurit marinir meluncurkan roket RM-70 MLRS Vampire ke sasaran di Pantai Banongan saat Latihan Gabungan (Latgab) TNI di Situbondo, Jawa Timur, Selasa (1/8/2023). Pendaratan pasukan marinir itu merupakan bagian dari Latihan Gabungan TNI 2023 yang diikuti Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/nym.

Dokter memeriksa mata seorang lansia saat Kampanye Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat di kawasan wisata Mangrove Pandang Tak Jemu, Bakau Serip, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (4/8/2023). Untuk mewujudkan Indonesia Sehat Pemda setempat bersama TNI dan Polri terus giat mengkampanyekan Gerakan Hidup Sehat dengan berolah raga, memeriksa kesehatan secara rutin, serta melakukan pola makan dan pola hidup yang menyehatkan. ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/nym.

Penari menampilkan Tari Topeng Labu di Pasar Dusun Karet (Paduka), Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muarajambi, Muaro Jambi, Jambi, Minggu (6/8/2023). Tari ini diangkat dari cerita turun temurun masyarakat Desa Muara Jambi tentang kerinduan para penderita kusta kepada keluarga saat mereka diasingkan ke hutan pada masa lampau. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/nym.

Pramusaji menyajikan makanan rawon kepada pengunjung di NK Cafe, Malang, Jawa Timur, Sabtu (5/8/2023). Ensiklopedia daring tentang makanan TasteAtlas menempatkan makanan khas Jawa Timur rawon di posisi tiga teratas sup paling enak sedunia bersama hidangan Tom Kha Gai (Thailand) dan Ramen Tomkotsu (Jepang) yang masing-masing memiliki nilai 4,7. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/nym.

Belasan ribu peserta memainkan angklung saat pemecahan rekor dunia pagelaran angklung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (5/8/2023). Pagelaran angklung yang diikuti 15.110 peserta itu berhasil mencatatkan rekor dunia dari Guinness World Records. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.

Dua burung merak Hijau jantan (Pavo muticus) bertarung di Savana Sadengan, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (5/8/2023). Pada saat musim kawin, kebiasaan merak jantan selain mengembangkan bulu ekornya untuk menarik perhatian merak betina juga bertarung sesama merak jantan untuk menguasai daerah teritorialnya. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/nym.

Luncuran lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Turi, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (5/8/2023). Menurut data BPPTKG periode pengamatan 4 Agustus 2023 pukul 00.00-24.00 WIB, gunung berstatus Siaga (level III) tersebut telah mengalami 41 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1.700 meter ke arah barat daya. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/nym.

Foto udara perahu yang bersandar di Situ atau Danau Cileunca di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (5/8/2023). Kawasan Situ Cileunca yang memiliki luas area 11 ribu hektar serta daya tampung hingga 11,5 juta kubik air tersebut menjadi lokasi sumber air baku bagi kebutuhan seluruh masyarakat kota Bandung yang mencapai 7.000 hingga 8.000 liter perdetik atau 7 - 8 juta kubik per bulan. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nym.

Menkeu Sri Mulyani (kanan), Menteri PPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga (kedua kanan), Menaker Ida Fauziyah (tengah), Anggota Wantimpres Putri Kuswisnu Wardani (kedua kiri) dan Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo tampil dalam acara Istana Berkebaya di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (6/8/2023). Peragaan busana kebaya encim dari Betawi yang diinisiasi oleh Pemprov DKI Jakarta tersebut diikuti oleh 401 peserta dari para menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju (KIM), istri menteri yang tergabung dalam anggota OASE KIM, duta besar negara sahabat, hingga masyarakat. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nym.

Foto udara kendaraan terjebak kemacetan di Simpang Susun Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (6/8/2023). Kemacetan panjang yang terjadi di Ruas Jalan Tol Purbaleunyi hingga Simpang Susun Cileunyi dan jalan arteri tersebut diakibatkan oleh kecelakaan truk yang terbalik di KM 151 Tol Purbaleunyi sejak sore hari. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nym.

Related News