Foto pilihan pekan kedua September 2023

  • September 11, 2023 07:15 GMT+700

Kebakaran hutan dna lahan di Gunung Arjuno. Api membakar hutan dan lahan (karhutla) kawasan Gunung Arjuno terlihat di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (5/9/2023). Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Arjuno meluas di 156 titik dengan luas lahan yang terbakar sekitar 3.910 hektare. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/nym.

Seniman pantomim Wanggi Hoed mengikuti aksi kamisan di Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/9/2023). Aksi tersebut sebagai bentuk kampanye pada momentum September hitam yang dianggap sebagai bulan yang banyak terjadi pelanggaran hak asasi manusia dan mendorong pemerintah untuk menyelesaikan berbagai kasus pelanggaran HAM secara menyeluruh, pemulihan untuk seluruh korban serta membentuk pengadilan HAM di Indonesia. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/nym.

Warga menerobos banjir dengan perahu di Desa Tanjong Tgk Ali, Matang Kuli, Aceh Utara, Aceh, Rabu (6/9/2023). Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Bencana banjir akibat luapan sungai Krueng Pase, Krueng Pirak, Krueng Keuruto, dan Krueng Peto menyebabkan 8 kecamatan di kabupaten itu terendam banjir, mengakibatkan sebanyak 3.594 Kepala Keluarga (KK) atau 10.923 jiwa terdampak banjir dan 817 KK 2.798 jiwa di laporkan mengungsi. ANTARA FOTO/Rahmad/nym.

Petugas BPBD menyalurkan bantuan air bersih untuk warga yang terdampak bencana kekeringan di Desa Kalirejo, Undaan, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (5/9/2023). Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus hingga 5 September 2023, sebanyak enam desa di tiga kecamatan di kabupaten itu dilanda bencana kekeringan dan pemerintah setempat sudah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 150.000 liter guna membantu warga yang terdampak. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/nym.

Terpidana pelanggar peraturan daerah (qanun) hukum syariat islam menjalani hukuman cambuk di Banda Aceh, Aceh, Senin (4/9/2023). Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh menjatuhkan hukuman sebanyak 27 kali cambuk setelah dipotong masa tahanan terhadap dua terpidana pelanggar qanun syariat islam nomor 6 tahun 2014 tentang hukum jinayah. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/nym

Peserta mengikuti parade saat pembukaan Festival Payung Indonesia 2023 di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (8/9/2023). Festival yang mengangkat tema Sepayung Bumi, Alam Adalah Kita tersebut menampilkan beragam kerajinan payung dan kelompok pertunjukkan seni dari Indonesia, Thailand, India, Jepang, dan Equador. ANTARAFOTO/Maulana Surya/nym.

Sejumlah pengendara melintas di Jembatan Musi VI yang diselimuti kabut asap di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (5/9/2023). Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Nilai Ambang Batas (NAB) konsentrasi partikulat (PM10) di Palembang sebesar 196 atau berada dikategori tidak sehat yang diakibatkan dari kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Sumsel. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.

Api membakar hutan dan lahan (karhutla) kawasan Gunung Bromo terlihat di Pos Jemplang, Malang, Jawa Timur, Sabtu (9/9/2023). Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur luas kebakaran hutan dan lahan yang terjadi sejak 30 Agustus itu sekitar 274 hektar dan diduga sumber api akibat suar yang dinyalakan pengunjung. ANTARA FOTO/Muhammad Mada/nym.

Terdakwa kasus penganiayaan kepada Cristalino David Ozora, Mario Dandy Satriyo berjalan meninggalkan ruangan usai mengikuti sidang pembacaan putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (7/9/2023). Majelis hakim memvonis Mario dengan pidana penjara 12 tahun serta kewajiban membayar restitusi terhadap David sebesar Rp25,1 miliar. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym.

Sejumlah peserta mengikuti parade budaya Beautifull Heritage of Indonesia pada hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (10/9/2023). Acara yang diselenggarakan dalam merayakan keragaman budaya Indonesia tersebut diisi dnegan penampilan flashmob kolosal tari tradisional Indonesial yang dilakukan 200 penari. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym.

Penggemar sepeda tua mengenakan busana gatot kaca saat pawai Onthel Bersatu dalam Perbedaan di Denpasar, Bali, Minggu (10/9/2023). Kegiatan tersebut diikuti 2.800 peserta dari seluruh Indonesia dengan mengenakan busana Nusantara, tokoh pewayangan dan perjuangan kemerdekaan sebagai ajang reuni dan silaturahmi antar komunitas onthel pada masa endemi. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym.

Kursi kosong Myanmar saat pembukaan Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (AMM) di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin (4/9/2023). ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Aditya Pradana Putra/nym.

Presiden Joko Widodo (keenam kanan) berfoto bersama (dari kiri) Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin, Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Permanent Secretary of Foreign Thailand Sarun Charoensuwan, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh, Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Kamboja Hun Manet, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, dan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao saat pembukaan KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta, Selasa (5/9/2023). ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Zabur Karuru/nym.

Foto udara prajurit Korps Marinir TNI AL melaksanakan pendaratan amfibi menggunakan tank LVT-7 dan BMP-3f pada Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) 2023 di Pantai Banongan, Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 5 Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Minggu (10/9/2023). Pendaratan amfibi yang melibatkan Tentara Indonesia, Amerika, Jepang dan Singapura itu selain untuk berbagi pengetahuan pertempuran juga untuk mempererat hubungan persahabatan antar negara. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/nym.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berswafoto dengan para peserta usai menjadi pembicara utama pada hari kedua ASEAN-Indo-Pacific Forum 2023 di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (6/9/2023). ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Galih Pradipta/nym.

Warga keturunan Tionghoa membakar berbagai macam persembahan saat ritual King Hoo Ping atau Ulambana di klenteng Liong Hok Bio Kota Magelang, Jateng, Rabu (6/9/2023). Ritual Ulambana tersebut dilaksanakan sebagai persembahan kepada arwah leluhur agar tenang di alam keabadian. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/nym.

Sejumlah anak mengenakan riasan warna-warni saat mengikuti ritual Ngerebeg di Desa Tegallalang, Gianyar, Bali, Rabu (6/9/2023). Tradisi berkeliling kampung oleh ratusan warga setempat yang merias tubuhnya menyerupai makhluk menyeramkan tersebut dilakukan untuk menciptakan keharmonisan antar-makhluk Tuhan, menetralisir energi negatif serta untuk menolak bala. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nym.

Wisatawan melakukan selam permukaan (snorkeling) di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu (9/9/2023). Sudin Parekraf Kepulauan Seribu.mencatat ada 295.221 wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke Kepulauan Seribu sepanjang Januari hingga Agustus 2023, kunjungan tersebut meningkat karena promosi media sosial serta program hiburan lainnya yang dilakukan pihak Pemprov DKI Jakarta. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.

Related News